Rabu, 14 Oktober 2009

Secangkir Stroke !!!


Posting and translating by: sterno
Sumber artikel:

-American stroke assosiation
-Seri Gaya Hidup Sehat: Cara Bijak Hadapi Stroke, Jantung & Pembuluh Darah, Agustus 2007, PT Gramedia



Stroke adalah penyakit pembunuh nomer 3 di Indonesia setelah penyakit jantung dan kanker, stroke terjadi saat aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak di blok oleh penyumbatan, bisa disebabkan oleh kolesterol, diabetus militus, arteriosclerosis, dll

Saat terjadi serangan, bagian dari otak tidak mendapatkan aliran darah yang cukup (membawa oksigen dan nutrisi) akibatnya terjadi drooping/kerusakan pada otak dan lambat laun jika tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan kerusakan otak permanen dan menyebabkan kelumpuhan atau kematian.

Dengan meningkatkan kemakmuran masyarakat maka berubahlah pola hidup mereka. Stroke diakibatkan banyak factor pendukung:
1. Pola pikir (stress tinggi dan banyak pikiran negative): selalu was-was, lingkungan sosial,keluarga dan tempat bekerja
2. Pola makan yang tidak sehat: kolestrol tinggi, diabet tinggi, kurang nutrisi dan gizi
3. Pola hidup yang tidak teratur: sering begadang sampai larut malam, perokok super berat,aktifitas berat dan kurang istirahat
4. Arteriosclerosis/pengerasan pembuluh darah
5. Penyakit degenerasi: hipertensi/tekanan darah tinggi, kelainan jantung, diabetus militus
6. Kerusakan pembuluh darah otak: pengaruh obat-obatan seperti histamin dan beberapa zat vaso aktif, agregasi trombosit pada jaringan subendotelial dan diabetus militus
7. Aneurisma: pembuluh darah otak ada benjolan yang suatu saat ada pressure ketat bisa
pecah

Types of Stroke
Penyumbatan Aliran darah yang menuju otak dapat disebabkan oleh 2 cara:
1. stroke iskemik (tanpa rupture pembuluh darah)
2. stroke hemorhagik (rupture pembuluh darah/menyebabkan pendarahan di otak)

1. Iskemik

Stroke iskemik bisa diibaratkan sebuah selang panjang ( pembuluh darah otak) yang menyuplai darah keotak semakin ke jaringan otak tambah bercabang semakin kecil bentuk selangnya ) karena proses arteriosklerosis ( menebal dan mengerasnya dinding pembuluh darah / diibaratkan dinding selang yang menebal).

Akibatnya dinding pembuluh darah tidak elastis dan daya adhesinya berkurang sehingga kotoran-kotoran ( deposit ) yang dibawa oleh darah (yang menggelinding hanyut kedalam arus pembuluh darah ke otak) tersangkut dan merekat kuat kedinding pembuluh darah tersebut dan lambat laun terjadilah proses obstruksi (penyumbatan) karena menumpuknya deposit dan aliran darah keotak mengecil dan juga bisa terhenti akibatnya otak kurang suplai darah ( yang membawa oksigen dan nutrisi ) dan terjadilah drooping/kelumpuhan karena otak tidak tercukupi kebutuhannya.

Skema terjadinya stroke iskemik

Biasanya deposit yang sering menyumbat pembuluh darah otak adalah trombosis ( gumpalan darah), dia selalu menggelinding dan hanyut ke saluran pembuluh darah tubuh lewat arteri besar di dada atas dan leher. Trombosis terhenti saat memasuki aliran darah otak yang lebih kecil karena ukuran body trombosit yang lebih besar dari selang pembuluh darah akibatnya terjadilah obstruksi. Yang paling penting kasus emboli disebabkan oleh tidak teraturnya kerja jantung atau biasa disebut atrial fibrillation. Dalam kondisi ini trombosis bisa berasal dari jantung dan terbawa masuk menyumbat aliran darah di otak

Stroke iskemik dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
-Stroke Trombotik: proses terbentuknya thrombus yang membuat penggumpalan.
-Stroke Embolik: Tertutupnya pembuluh arteri oleh bekuan darah.
-Hipoperfusion Sistemik: Berkurangnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh karena adanya gangguan denyut jantung.

2. Hemoragik
Kasus Hemoragik (stroke pendarahan) jumlah penderita kurang lebih 15 % stroke ini lebih bahaya efek mematikannya daripada stroke iskemik. Kenapa bisa disebut stroke pendarahan??

Karena terjadi kelemahan pembuluh darah oleh rupture (rusaknya/bocornya pembuluh darah/arteri otak) dan pendarahan di sekitar otak. Darah membanjiri dan menekan jaringan disekitar otak.

bagan terjadinya stroke hemoragik

Ada 2 type stroke pendarahan yaitu: intracerebral hemoragik ( pendarahan didalam otak ) dan stroke subaraknoid ( di lapisan subaraknoid otak).
Hemoragik Intraserebral: pendarahan yang terjadi didalam jaringan otak.
Hemoragik Subaraknoid: pendarahan yang terjadi pada ruang subaraknoid (ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak)

Stroke hemoragik terjadi rupture pembuluh darah. Yang menyebabkan pendarahan adalah aneurisma dan arteri venosus malformation.

Aneurisma terjadi karena dinding pembuluh darah terjadi kelemahan sehingga bentuknya menggembung atau seperti udun yang jika terjadi pressure akan bocor dan terjadi rupture dan darah membanjiri otak akibatnya otak akan kolap karena darah yang dipasok melebihi target dan terjadilah drooping/kelumpuhan.
Arteiovenosus malformation ( AVM) terjadi karena bentuk pembuluh darah yang tidak normal akibatnya pembuluh darah dapat rupture dan membanjiri otak.

Pasca Serangan Stroke
Setelah stroke, sel otak mati dan hematom yg terbentuk akan diserap kembali secara bertahap. Proses alami ini selesai dlm waktu 3 bulan. Pada saat itu, 1/3 orang yang selamat menjadi tergantung dan mungkin mengalami komplikasi yang dapat menyebabkan kematian atau cacat
Diperkirakan ada 500.000 penduduk yang terkena stroke. Dari jumlah tersebut:
1/3 --> bisa pulih kembali,
1/3 --> mengalami gangguan fungsional ringan sampai sedang,
1/3 sisanya --> mengalami gangguan fungsional berat yang mengharuskan penderita terus menerus di kasur.

Hanya 10-15 % penderita stroke bisa kembali hidup normal seperti sedia kala, sisanya mengalami cacat, sehingga banyak penderita Stroke menderita stress akibat kecacatan yang ditimbulkan setelah diserang stroke.

Akibat Stroke lainnya:
-80% penurunan parsial/ total gerakan lengan dan tungkai.
-80-90% bermasalah dalam berpikir dan mengingat.
-70% menderita depresi.
-30 % mengalami kesulitan bicara, menelan, membedakan kanan dan kiri.
Stroke tak lagi hanya menyerang kelompok lansia, namum kini cenderung menyerang generasi muda yang masih produktif.

Stroke juga tak lagi menjadi milik warga kota yang berkecukupan , namun juga dialami oleh warga pedesaan yang hidup dengan serba keterbatasan dan kekurangan.
Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya tingkat produktifitas serta dapat mengakibatkan terganggunya sosial ekonomi keluarga. Selain karena besarnya biaya pengobatan paska stroke, juga yang menderita stroke adalah tulang punggung keluarga yang biasanya kurang melakukan gaya hidup sehat, akibat kesibukan yang padat.

Stroke sangat dapat dicegah, Hampir 85% dari semua stroke dapat DICEGAH ,
Karena Ancaman stroke hingga merenggut nyawa dan derita akibat stroke. Hidup BEBAS tanpa STROKE merupakan dambaan bagi semua orang. Tak heran semua orang selalu berupaya untuk mencegah Stroke atau mengurangi faktor risiko dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur, penghindari stress hingga meminum obat atau suplemen untuk menjaga kesehatan pembuluh darah hingga dapat mencegah terjadinya Stroke.

Apa Resiko stroke yang tidak bisa dirubah??
Umur — stroke terjadi biasa umur 55 keatas tapi dibawah umur tersebut bisa kena. Umur 18 tahun aja bisa stroke kok..
Sex (gender) — stroke biasa mengenai laki-laki daripada wanita. Lebih dari setengah stroke kematian terjadi pada wanita. Karena penggunaan pil KB dan wanita hamil factor special stroke untuk wanita.
Prior stroke, TIA or heart attack — TIA adalah stroke kecil “stroke alarm” mempunyai gejala menyerupai stroke (stroke ringan) tapi cepat pulih dengan normal tanpa mengalami kelumpuhan. kurang dari 5 menit . Pengobatan dan perawatan stroke TIA dengan benar dapat mengurangi resiko stroke permanen dan perlu diwaspadai serangan jantung dapat meningkatkan resiko stroke permanen.

Apa fakor resiko yang dapat dikurangi dan dicegah???
High blood pressure ( Tekanan Darah Tinggi)— tekanan darah tinggi dapat menyebabkan arus darah mengalir kencang dan mengakibatkan pressure pada pembuluh darah sehingga bisa mengakibatkan pendarahan. Untuk usia diatas 55 keatas minimal tensi dijaga 140/100 mmHg.
Cigarette smoking ( merokok )— dalam setahun terakhir rokok kretek dapat meningkatkan factor resiko stroke karena nikotin dan carbon monoksida dalam rokok mengakibatkan arteriosclerosis. Penggunaan kontrasepsi oral dan rokok meningkatkan resiko stroke.
Diabetes mellitus —banyak orang yang mempunyai diabetes mempunyai berat badan yang tinggi dan kolesterol tinggi. factor ini meningkatkan stroke karena akan terjadi obstruksi pada pembuluh darah.
Carotid or other artery disease ( penyakit arteri ) — arteri karotis yang ada di leher meyuplai pembuluh darah keotak, karena proses arteriosclerosis terjadilah penumpukan deposit ( plak didinding pembuluh darah) dan menyebabkan gumpalan serta menjadikannya sempit aliran darahnya ( Arteri stenosis).
Peripheral artery disease – orang dengan penyakit arteri pembuluh darah perifer mempunyai resiko tinggi terkena penyakit arteri karotis disebabkan fatty buildups of plaque didinding arteri.
Atrial fibrillation — Gangguan irama jantung menyebabkan terlepasnya trombosis ( gumpalan darah ) dan mengakibatkan sempitnya aliran darah otak (arteri stenosis).
Other heart disease — orang dengan gagal jantung ( coronary heart disease) mempunyai resiko tinggi terkena stroke.
Sickle cell disease (disebut juga sickle cell anemia) — penyakit genetic ini umumnya yang menderita bangsa African-American dan Hispanic sel darah merah tidak mampu membawa oksigen ke jaringan tubuh dan organ. Sel ini juga mempengaruhi kelengketan ke dinding pembuluh darah, akibatnya dapat menutup arteri darah ke otak dan menyebabkan stroke.
High blood cholesterol — orang dengan resiko kolesterol tinggi resiko terkena stroke karena tingginya kolesterol menyumbat dan mengganggu aliran pembuluh darah..
Poor diet — Diets tinggi saturated fat, trans fat and cholesterol dapat meningkatkan level kolesterol darah. Diets tinggi sodium (salt) dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Diets dengan kalori tinggi dapat menyebabkan obesitas, Diet dengan buah dan sayuran mengurangi resiko terkena stroke.
Physical inactivity and obesity — Kurang gerak, kegemukan dapat meningkatkan resiko tekanan darah ditambah tingginya kolesterol, diabetes dan penyakit jantung.

Pertolongan Pertama saat serangan Stroke


Penyembuhan Fisioterapi

Fisioterapi berperan pasca stroke dengan menerapkan prinsip gerak, proses tumbuh kembang, neurofisiologi dan kejiwaan.

Ada banyak cara penyembuhan stroke dengan metode Fisioterapi setelah terjadi kelumpuhan karena kerusakan otak permanen antara lain dengan metode: PNF, Bobath, Terapi Bugnet, Brunstrom, Metode margaret Johnstone, Mc. Cancy, dll..


Latihan Stroke dirumah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar