Minggu, 11 Oktober 2009

Apa Kolesterol itu?

Posting by : sterno
Dikutip dari buku Hidup Bebas Tanpa Cemas - Peduli Kolesterol

kata kolesterol sudah kita dengar sehari-hari. kata kolesterol sangat melekat pada hal-hal seputar makanan lezat, berat badan berlebihan, usia, dan lain sebagainya. kolesterol cenderung dikenal sesuatu yang negatif dan harus kita hindari.

- Apa koleterol sebenarnya?

Kolesterol adalah senyawa kompleks yang 80 % di hasilkan dari dalam tubuh ( organ hati ) dan 20 % sisanya dari luar tubuh ( zat makanan) untuk bermacam-macam fungsi antara lain: membuat hormone sex, membentuk dinding sel, dll.

Kolesterol yang berada di dalam makanan yang kita konsumsi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan tubuh kita akan tetap sehat.

Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim keseluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut lipoprotein, yang dianggap sebagai pembawa ( carier) kolesterol dalam darah.

- Apakah kolesterol berbahaya??

1. kolesterol LDL ( Low Density Lipoprotein)

jenis kolesterol ini berbahaya. Kolesterol LDL mengangkut kolesterol terbanyak dalam darah. Tingginya kadar LDL menyebabkan pengendapan kolesterol dalam arteri. Kolesterol LDL merupakan factor resiko utama penyakit jantung koroner sekaligus target utama dalam penyembuhan.

2. kolesterol HDL ( High Density Lipoprotein )
kolesterol ini tidak berbahaya. Kolesterol HDL mengangkut kolesterol lebih sedikit dari LDL dan sering disebut kolesterol baik karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati untuk diproses lagi dan dibuang. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses arteriosclerosis ( terbentuk plak pada dinding pembuluh darah).

3.Trigilserida ( TG )
Selain LDL dan HDL yang perlu diketahui juga Trigilserida, yaitu sejenis lemak yang terdapat dalam pembuluh darah dan berbagai organ dalam tubuh.
Meningkatnya kadar trigilserida dalam darah juga dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol.
Factor yang mempangaruhi kadar trigilserida: kegemukan, konsumsi alcohol, gula, makanan berlemak.
Tingginya kadar trigilserida (TG) lebih sering diindikasikan dengan tingginya pancreatitis ( pancreas meradang). TG dapat dikontrol dengan diet rendah karbohidrat.

- Beberapa penyakit yang berhubungan erat dengan kadar kolesterol:
- Penyakit jantung koroner
- Stroke
- Diabetus militus ( kencing manis)
- Disfungsi ereksi

- Apakah makanan berlemak dapat menyebabkan kolesterol??
Di dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari terdapat 3 macam lemak yaitu:
1. saturated ( lemak jenuh)
lemak ini terdapat dimakanan seperti telur, jerohan dan otak sapi, telur paling banyak lemaknya telur burung puyuh. Sebaiknya makanan ini harus dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah.

2. monosaturated ( lemak tidak jenuh dengan rantai tunggal)
lemak ini terdapat di makanan seperti udang dan kepiting. Makanan ini boleh dikonsumsi dengan jumlah terbatas.

3. polyunsaturated ( lemak tak jenuh ganda)
lemak ini terdapat di makanan seperti ikan yang berasal dari laut dalam ( tengiri dan tuna) yang mengandung minyak tak jenuh ganda serta omega 3 dan makanan seperti ini hendaknya banyak dikonsumsi, karena dapat membantu menaikkan HDL kolesterol ( kolesterol baik) dan menurunkan LDL ( kolesterol jahat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar